Mendapatkan Berkah di Lailatul Qadr

270714

 

Assalamu’alaikum sahabat muslim yang dirahmati Allah. Puasa udah tinggal beberapa hari lagi gan! Mendekati 10 malam terakhir Ramadhan, ada satu malam istimewa gan yang sangat-sangat disayangkan kalo sampe gak dapat berkahnya, yaitu Lailatul Qadr.

Apa sih Lailatul Qadr itu gan? J

Lailatul Qadr dibentuk oleh dua kata yaitu al-Qadar (bulan) yang disandarkan pada kalimat Lailah (malam) yang dapat diartikan sebagai keagungan. Bagi muslimin-muslimat yang bangun pada malam lailatul Qadar, Allah akan membalasnya dengan kebaikan seribu bulan. Seribu bulan gan! Kalau satu tahun itu ada 12 kali revolusi bulan, maka seribu disini setara dengan 83 tahun yang bahkan lebih lama dari masa hidup Rasulullah saw selama 65 tahun (perhitungan kalender hijriyah). Subhanallah. .

Carilah Lailatul Qadar itu pada tanggal gasal dari sepuluh terakhir pada bulan Ramadhan.

(HR. Bukhari)

Lailatul Qadr hanya ada di Bulan Ramadhan. Malam penuh rahmat Allah ini tidak memiliki kepastian kapan datangnya. Suatu riwayat hadits menyebutkan bahwa Lailatul Qadr terjadi di malam gasal dari sepuluh terakhir pada bulan Ramadhan. Kapan pastinya? Wallahu a’lam. .

Syukur alhamdulillah, Rasulullah saw. menunjukkan tanda-tanda kehadiran malam Lailatul Qadr. Pada hari itu matahari bersinar tidak terlalu panas dengan cuaca sangat sejuk. Pada malam harinya langit nampak bersih, tidak nampak awan sedikit pun, suasana tenang dan sunyi, tidak dingin dan tidak panas. Tahun lalu pernah merasakan gan? J

“Pagi harinya matahari terbit dalam keadaan tidak menyilaukan, seperti halnya bejana (yang terbuat dari kuningan).”

(H.R Muslim)

Terlepas dari kapan Lailatul Qadr itu terjadi yang menjadi rahasia Allah, hikmah yang bisa kita ambil adalah motivasi untuk terus beribadah. Coba agan tahu kapan tanggal pasti Lailatul Qadr maka tak henti-hentinya agan beribadah pada hari itu. Hari itu berlalu, semangat mulai turun. Agan pun tak lagi giat beribadah. L

Nah, agar kita termasuk orang-orang yang mendapatkan keutamaan Lailatul Qadr, hendaknya kita perbanyak amal ibadah kita. Ada beberapa tips nih buat agan agar ibadah bisa istiqamah. J

Sebelum tidur, niatkan bangun malam untuk mendirikan Shalat Malam

Kalau agan sebelum tidur sudah niat kuat pengen bangun untuk shalat malam, Insya Allah malamnya bangun sendiri meskipun tanpa jam alarm. Gak percaya gan? Dalam dunia psikologi, hal ini bisa dijelaskan lewat suatu konsep sugesti. Sugesti itu merupakan teknik untuk menghadirkan kekuatan, ketetapan, keinginan dan kehendak yang amat kuat. Jangan lupa, tiap malam niat sebelum tidur gan! J

Menyabarkan diri saat membaca Al-Qur’an

Ketika pengen menghentikan dan menutup Al-Qur’an, kita perlu untuk menyabarkan diri (Tashabur) dan menambah bacaan, satu-dua lembar Al-Quran lagi misalnya. Butuh perjuangan gan pastinya. Misalkan agan bisa menyelesaikan 2 atau 3 juz pada hari itu, selanjutnya 1 juz per hari akan terasa lebih ringan. J

Berkumpul dekat dengan orang-orang shaleh

Lingkungan pengaruhnya gede gan! Coba bandingkan ketika agan seminggu rutin ke masjid tempat I’tikaf dan mengaji dengan agan seminggu rutin maen ke rental fulan playstation 4. Yang satu bakal jadi remaja masjid, yang satu jadi bocah rpg. Mbok yo jangan maen terus, puasa-puasa. Biasanya pas akhir-akhir Ramadhan, Masjid pada rame tuh orang I’tikaf tengah malam untuk mencari berkah Lailatul Qadr . Lingkungan seperti ini baik banget buat membangun istiqamah ibadah. Langkahkan kaki agan ke Masjid. J

Masih inget pas piala dunia berlangsung bela-belain bangun malam buat nonton Jerman ngalahin Argentina gan? Juga nontonin Belanda yang kalah sama Argentina lewat adu penalti? Yang dulunya bela-belain begadang buat nonton bola, sekarang coba diganti jadi bela-belain bangun buat Shalat malam. Ramadhan tinggal beberapa hari lagi gan! Jadikan waktu yang sedikit ini berkah. Semoga kita semua termasuk muslim yang mendapatkan berkah Ramadhan dan Lailatul Qadr. Aamiin. J

Sumber: dari berbagai referensi

Ditulis oleh: Muhammad Anas Zakariya

 

 


Mari Tebar Kebaikan!
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInShare on TumblrPin on Pinterest