Do’a Bersama

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepada engkau (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku sangat dekat (kepada mereka). Aku perkenankan doa orang-orang yang mendo’a apabila ia memohon (mendo’a) kepada-Ku. Sebab itu, hendaklah mereka memenuhi (seruan)-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, mudah-mudahan mereka mendapat petunjuk.” (Q.S. Al-Baqarah: 186)

Do'a Bersama sesaat sebelum UAS Semester Ganjil 2014/2015.

Manusia hanya merencanakan, Allah-lah yang menentukan. Semua hal di dunia ini dapat terjadi atas kehendak Allah. Persiapan ujian dengan belajar itu penting, namun berdoa juga tidak kalah penting. Doa adalah ibadah, sebagai salah satu bentuk pendekatan diri kepada Allah.

Untuk mengajak para mahasiswa Fasilkom berdiam bersama sejenak dan memohon kepada Allah, FUKI Fasilkom menyelenggarakan kegiatan Doa Bersama pada pekan ujian. Kegiatan ini diawali dengan penyampaian pesan bertema ujian oleh pembicara, yaitu dosen Fasilkom. Pesan yang disampaikan antara lain tentang bagaimana menyikapi ujian dan memandangnya dari sisi positif, kejujuran dalam ujian, berbakti dan meminta restu orang tua, dan nasihat lainnya. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan berdoa bersama. Doa yang dibacakan bersifat umum dan tidak melanggar syariat Islam, sehingga kegiatan ini dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa Fasilkom, muslim dan non-muslim.

Selama tahun 2014 ini, alhamdulillah telah terselenggara kegiatan Doa Bersama sebanyak empat kali, antara lain Doa Bersama sebelum UTS Genap, UAS Genap, UTS Ganjil, UAS Ganjil. Doa Bersama dilaksanakan pada waktu istirahat siang setelah melaksanakan shalat zuhur, bertempat di Sekre Square Fasilkom UI.

Semoga kegiatan ini dapat membiasakan mahasiswa muslim Fasilkom mengingat Allah dalam setiap urusannya dan senantiasa memohon pertolongan Allah dengan berdoa, serta dapat menghadapi ujian dengan baik, tentunya tetap menjunjung tinggi nilai kejujuran. 🙂


Mari Tebar Kebaikan!
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInShare on TumblrPin on Pinterest