Creamy : Healthy and Yummy

Creamy 1 - 03

Assalamu’alaikum sahabat, bagaimana kabarnya? Semoga selalu berada di dalam lindungan-Nya yaa Aamiin. Kali ini MuC membawakan Creamy dengan tema Healthy and Yummy. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 15 April 2016 di Sekre Fasilkom UI
Hmm seperti apa keseruannya ya? Yuk, baca rangkaian acaranya di bawah ini.

Acara dibuka Rifka Nur Fadhilah sebagai MC pada siang hari itu. Kemudian, dilanjutkan oleh tilawah singkat oleh Ratu yang membaca QS Al-Maidah ayat 88, yang artinya :

“Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya.”

Dengan selesainya pembacaan arti tersebut, dimulailah inti acara yang dibawakan oleh Kak Evi, alumni mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat, dengan jurusan Gizi.

           Kali ini, Kak Evi membawakan topik kajian dengan tema bagaimana caranya mengatur pola makan diantara kesibukan kuliah. Waaah … cocok banget kan buat kita yang tiada hari tanpa hujan badai tugas :”D

           Menurut Kak Evi “Timing dan kuantitas dari makanan yang tepatlah yang bisa menjaga tubuh kita.” Maksudnya, ketika kita ingin makan, perhatikan waktu yang tepat untuk memakan makanan tersebut. Misalnya ketika malam hari, waktu yang tepat untuk menyantap makanan sebelum kita tidur, adalah 2 sampai 3 jam sebelum tidur. Kuantitas makanan juga harus diperhatikan, lho! Sebab berlebih-lebihan bukanlah hal yang baik 😉

           Kemudian, Kak Evi juga menjelaskan bahwa glukosa yang terkandung pada karbohidrat yang sehari-hari kita konsumsi, berperan dalam 3 hal, yaitu :

1.       Perkembangan otak

Wah, bagus sekali buat kita para civitas akademis yang membutuhkan otak yang cerdas agar dapat menerima dan menganalisis segala informasi yang kita dapatkan selama perkuliahan, nih. Glukosa ternyata berperan penting lho dalam pembentukan fungsi otak tersebut.

2.       Sistem syaraf

Pasti banyak nih dari kita yang kalau sedang di kelas suka ga nyambung kalo diajak ngomong? Hayoo ngakuu. Mungkin teman-teman kekurangan glukosa, karena glukosa juga berfungsi dalam pembentukan sistem syaraf, yang fungsinya untuk menerima respon dengan baik.

3.       Pembentukan eritrosit

Nah, satu lagi nih yang selalu hadir di dalam kelas. Ngantuk! 😀

Glukosa bisa nih mengatasi hal tersebut. Hal ini dikarenakan glukosa juga berfungsi sebagai pembentukan eritrosit, di mana eritrosit mengandung hemoglobin yang fungsinya untuk mengikat oksigen, sehingga kantuk pun hilang.

Kak Evi juga mengatakan bahwa dengan mengatur pola makan, kita dapat mencegah penyakit yang hendak menyerang kita, lho. Misalnya jika kita susah buang air besar, kita dapat menguranginya dengan pola makan yang teratur. Dengan pola makan yang teratur, maka asupan makanan yang diterima oleh tubuh pun akan seimbang, sehingga pencernaan pun akan berjalan lebih baik. “Pola makan yang teratur ini bisa diselingkan dengan buah atau jus,” begitu kata Kak Evi.

Lalu, seperi apa makanan manis yang sehat? Kita pasti menyukai makanan yang manis-manis, selain enak, manis juga dapat menambah mood kita, bukan? Nah, Kak Evi mengatakan bahwa makanan manis yang sehat adalah jika kita memakan makanan manis tersebut hanya setara dengan maksimal 4 sendok makan gula / hari. Hmm, agak sulit sepertinya ya? 😀

Akhirnya, materi Kak EVi berakhir dengan tips singkat darinya, yaitu PKTS alias Porsi Kecil Tapi Sering. Maksudnya, lebih baik kita mengonsumsi makanan dengan porsi yang sedikit-sedikit, dibandingkan dengan langsung mengonsumsi makanan dengan porsi banyak. Ingat, berlebih-lebihan bukanlah hal yang baik. Oleh karena itu, ‘sering’ di sini juga tetap memperhatikan kuantitas yang cukup, ya sahabat 🙂

    Selanjutnya, dibukalah sesi tanya jawab. Pertanyaan pertama yang terucap dari salah satu peserta Creamy pada siang hari itu adalah “Saya sering kecapean, tapi mau pijet kan mahal, tau ga titik2 pijet?” Wah, sepertinya tugas-tugas perkuliahan sudah sangat berat hingga sering kecapean, ya? Syafakillah 🙂

    Lalu, Kak Evi menjawab bahwa untuk mengurangi kecapean sebenarnya bukan hanya dengan pijat memijat, namun dengan minum yang cukup, istirahat yang cukup, makan buah, dan berolahraga misalnya berenang (renang itu merilekskan) juga dapat mengurangi kelelahan. Mengonsumsi vitamin B atau C juga dapat mengurangi kelelahan, lho.

    Pertanyaan selanjutnya adalah “Temen saya dua hari cuma minum doang. Katanya buat ngeluarin semua racun? Benar atau tidak?”

    Wahh, dua hari hanya minum dan tidak mengonsumsi apapun selain minuman, kira-kira sahabat kuat, kah? hehe

    Kak Evi menjawab sebenarnya benar jika dengan minum, kita dapat mengeluarkan racun yang ada di tubuh kita, hanya saja akan lebih baik lagi jika ditambah dengan mengonsumsi makanan. Mengapa? Karena air bisa dikeluarkan melalui kulit jika kita banyak minum, dan bersama air yang keluar dari tubuh kita, racun-racun di dalam tubuh kita juga ikut keluar. Lalu, harus juga ditambah dengan mengonsumsi makanan, karena kalau kita tidak mengonsumsi makanan, maka tidak ada yang memberikan asupan zat-zat lain yg dibutuhkan oleh tubuh, jadi kurang baik jika kita hanya mengonsumsi minuman, karena dia mengabaikan yang lain.

    Pertanyaan terakhir adalah “Kalau malam, saya sering lapar, kata teman dengan minum yang hangat-hangat bisa mengurangi rasa lapar?”

    Wah, pertanyaan yang menarik. Kak Evi lalu menjelaskan bahwa dengan minum, memang bisa mengurangi rasa lapar, karena minuman yaitu air mineral juga mengandung glukosa yang baik untuk pembentukan energi. Namun, mungkin tidak harus yang hangat-hangat.

    Dengan berakhirnya sesi tanya jawab, dimulailah acara games yang telah disediakan oleh panitia Creamy. Games pada siang hari itu adalah menghias makanan dengan memperhatikan takaran yang tepat.

    Dibuatlah empat kelompok yang terdiri dari 3 sampai 4 orang untuk menghias makanan tersebut. Dengan bermodalkan pisang, marshmallow, keju,biskuit, dan topping selai coklat, para peserta Creamy mulai menghias makanannya masing-masing dengan antusias. Setelah sepuluh menit berlalu, setiap kelompok sudah siap dengan makanannya masing-masing.

Kelompok 1 membawakan tema hari sudah siang, dan kita harus tidur siang. Mereka menjadikan pisang sebagai seseorang yang tengah tertidur dengan selimut dari keju slice. Lucu sekali bukan?

Kelompok 2 membawakan tema yang hampir sama dengan kelompok satu, yaitu seseorang yang tengah tertidur. Waah, plagiarisme detected 😀

Kelompok 3 membawakan tema yaitu cara memakan makanan dengan dua cara, yaitu dengan digigit langsung atau pakai garpu. Kelompok 2 menumpuk biskuit keju pisang marshmallow menjadi satu sehingga mudah untuk digigit langsung, dan ada juga yang hanya dipotong kecil-kecil agar bisa dimakan menggunakan garpu. Wah, konsep yang sangat matang.

Kelompok 4 membawakan tema yaitu seperti sandwich dengan wajah tersenyum. Filosofinya agar ketika kita memakan makanan tersebut menjadi bahagia. Niat yang sungguh baik, bukan? 😀

    Dan Kak Evi akhirnya menentukan pemenangnya yaitu kelompok 3! yeaayy selamat kepada kelompok tiga. Menurut Kak Evi, konsep yang dibawakan kelompok 3 benar-benar menarik, dan mereka mengkombinasikan semua bahan makanan dengan takaran yang tepat. wah, Good Job kelompok 3 🙂

    Dengan selesainya games pada siang hari itu, maka selesailah acara Creamy. Terima kasih kepada teman-teman yang sudah menyempatkan waktunya untuk mengikuti serangkaian acara tersebut, dan selamat kepada pemenang 🙂

 

Wassalam

Berikut adalah lampiran dokumentasi Creamy

Creamy 1   Creamy 1 - 01

Creamy 1 - 02


Mari Tebar Kebaikan!
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInShare on TumblrPin on Pinterest